Peluag bisnis optikal menjelaskan potensi bisnis optikal indonesia,juga menjual prenchese otikal dengan tim yang berpengalaman di bidang optik
Mengenai OPTIKAL
“Berdasarkan data di bagian Departemen Perindustrian,maka terdapat usaha untuk menaikkan perkembangan perindustrian optik nasional agar dapat menguasai pangsa pasar lokal yang nilaninya mencapai 6 triliun Rupiah dikarenakan sekitar 80 jt orang di Indonesia ini memakai kacamata”,
Dari kenyataan inilah yang menunjukkan betapa peluang usaha di dunia industri optik sangatlah bagus dan cerah . Apalagi bila dihitung jumlah keuntungan setiap frame kacamata yang mana setiap harga jual kacamata minimal berkisar 25% sampai 300 % dari harga beli. Akan tetapi, Anda sebagai penjual harus benar-benar mengerti dan tahu produk mana yang dapat dijual dengan cepat serta menghasilkan keuntungan 35 %, 50 %, 100 %, 200 % dan lebih besar lagi.
Para calon pembeli bisa berdatangan dari kelas dan karakter yang berbeda-beda, ada calon pembeli dari kelas atas ,dimana pembeli tersebut menginginkan kacamata dengan desain dan kualitas terbaik ,dan juga ada pembeli yang baru pertama memakai kacamata,dimana calon pembeli ini biasanya mementingkan harga murah dengan kualitas terbaik.
Panduan awal memulai Bisnis
langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pebisnis pemula di dunia optik kacamata, sebagai berikut :
1. Belajar tentang ilmu peroptikan seperti refraksi pada mata, kualitas barang optik , dan lainnya). Ilmu ini mutlak wajib dikuasai oleh seorang pebisnis di bidang optik, jika anda ingin bisnis optik anda ini ingin bertahan lama dan berjalan baik seperti yang diharapkan. Kecuali, bila anda memiliki orang kepercayaan yang memang ahli atau memiliki pengalaman di bidang optic sebelumnya.
2. Memiliki peralatan periksa mata (trail lens) dan beberapa buah contoh frame. Disini juga anda diharapkan mampu menguasai bagaimana cara membedakan antara barang berkualitas dan kurang berkualitas.Sebagai bahan m***kan,bahwa zaman dahulu orang membeli kacamata, lebih mementingkan segi kualitas. Tapi berbeda dengan sekarang, selain orang membeli dari segi kualitas, mereka juga peduli dengan model dan tren terbaru.
3.Mendapatkan harga bagus atau harga miring dengan kualitas tetap terjamin dari Grosir atau distributor kacamata.
4.Membuat strategi pemasaran yang efektif tentang sasaran atau pasar yang akan dim***ki ( orang dengan umur 40 tahun ke atas / anak sekolah atau mahasiswa / instantsi perusahaan / bekerja sama dengan dokter kacamata ) atau menentukan bagaimana pemasaran kedepan, Apakah menggunakan direct selling atau yang lainnya
Hambatan atau masalah dalam bisnis ini
1. Sulitnya menemukan sales yang dapat meyakinkan orang untuk membeli serta keluwesan dalam menghadapi calon pembeli.
2. Kurangnya SDM yang memang ahli di bidang refractionist optician, yaitu orang yang menguasai refraksi mata ,seperti dengan pentingnya seorang apoteker di sebuah apotik. Kehadiran seorang refractionist optician di sebuah optik menjadi syarat mutlak guna mendapatkan izin dari Depkes.
3. Kesulitan dalam mencari supplier / distributor frame atau lensa dengan harga yang benar benar murah di setiap kota. Anda dapat memanfaatkan sarana internet untuk mencari distributor dengan harga termurah dikarenakan semua pebisnis optik tidak akan ada yang mau memberitahu anda di mana mereka mendapatkan barang dagangannya dengan harga murah.
Strategi penting dalam bisnis ini
Anda harus aktif dalam menjemput bola dengan cara mensosialisasikan produk anda ke instansi pendidikan atau perusahaan dimana anda akan mendapat peluang serta kemudahan dalam pema*saran produk.
Jika desain kacamata adalah milik buatan anda sendiri maka mensponsori acara fashion show merupakan hal yang tepat dikarenakan kacamata sekarang bukan hanya digunakan untuk membantu penglihatan namun sebagai pertimbangan dalam fashion
Sering Beriklan di koran dan majalah lifestyle serta menjadi sponsor dalam kegiatan yang diikuti oleh instansi pendidikan serta perusahaan .
Sales produk anda harus menguasai setiap produk yang anda miliki dan dapat meyakinkan calon pembeli untuk membeli kacamata yang dia butuhkan
Berikan pelayanan dan produk terbaik kepada pelanggan dengan memberikan produk yang tepat serta pendapat secara jujur apakah pelanggan anda cocok memakai kacamata tersebut.
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar